MACAM – MACAM KEBUDAYAAN MEXICO

Budaya meksiko yang dimana menyimpan banyak sekali keindahan yang unik yang ada di tempat tersebut. Mexico adalah salah satu negara bagian yang dimana tidak hanya unik namun disana juga terdapat banyak sekali peninggalan kebudayaan yang sangat menarik untuk dapat dijelajahi. Dimana dipengaruhi oleh sebuah peradaban kuno peninggalan dari suku Aztec dan juga Maya yang dimana merupakan salah satu suku yang sangat terkenal di dunia. Serta Mexico sendiri adalah salah satu wilayah yang dimana juga dipengaruhi oleh kolonial dari Eropa.

Mexico yang dimana juga memiliki banyak sekali budaya unik seperti permainan joker123 dan juga menarik di dunia. Terkenal juga dengan beberapa musik dan juga tariannya yang banyak sekali menampilkan sebuah budaya yang menarik di Mexico. Dimana di Mexico sendiri yang unik yang salah satunya adalah musik mariachi yang dimana musik ini sendiri adalah musik yang berasal dari abad ke 18. Personil band mariachi tradisional sendiri yang dimana dahulu terdiri dari 5 personil yang dimana yang unik dari para penyanyinya mereka akan mengenakan setelan ‘charro’.

Jika anda belum pernah mendengar dengan istilah “La Cucaracha”atau kecoak maka sangat disarankan untuk  anda dengarkan jika  nantinya anda pergi berkunjung ke Meksiko,musik ini sendiri yang dimana menjadi salah satu musik atau juga kesenian yang umumnya juga sangat sering dimainkan oleh band mariachi di berbagai tempat yang ada di Mexico seperti halnya di jalan atau di restoran. Tidak hanya itu di Mexico juga terdapat sebuah tarian rakyat yang juga umumnya biasa anda temukan jika anda pergi kesana. Jarabe Tapatio adalah sebuah tarian khas masyarakat Mexico, dimana tarian ini sendiri adalah sebuah tarian yang juga sangat ikonik yang biasanya tarian ini akan digunakan sebagai salah satu cara untuk dapat merayakan hari jadi pasangan yang ada di Mexico.

MACAM – MACAM KEBUDAYAAN MEXICO 

Beberapa festival menarik yang juga sangat sering dirayakan di Mexico menambah keindahan dari tempat ini dimana di beberapa desa-desa terpencil sering diadakannya berbagai festival unik. Dimana setiap komunitas memiliki orang suci sendiri yang sangat dihormati, dengan sebha prayan dang juga dengan profesi pada setiap tahunnya. Dari desa yang dimana sangat terpencil hingga yang ada di kota yang paling canggih di Mexico dimana biasanya akan menyempatkan satu hari yang digunakan sebagai sebuah acara pesta yang ada. Jika anda ingin mengetahui apa saja perayaan dan juga festival yang sangat menarik yang ada di Mexico anda tentunya harus membaca artikel ini sampai habis, karena akan dibahas beberapa festival dan juga perayaan yang ada di meksiko di antaranya. 

Hari kemerdekaan (16 september)

Festival atau juga perayaan pertama yang ada di Mexico yaitu adalah hari kemerdekaan mereka yang dimana biasanya akan jatuh pada setiap tanggal 16 September. Dimana di tanggal ini adalah hari libur nasional terpenting yang ada di Mexico dimana biasanya masyarakat sana akan merayakannya hari pembebasan Mexico yang merupakan hari pembebasan dari kekuasaan spanyol pada tahun 1810. Perayaan ini juga akan sangat ramai di zocalo dan juga akan dirayakan dengan pesta kembang api, music dan juga beberapa tarian khas Mexico.

Biasanya perayaan akan ada di setiap sudut Mexico baik di kota besar atau juga di desa kecil. Tentunya hal ini bisa menjadi salah satu hal yang unik yang bisa anda jumpai jika anda berkunjung ke Mexico pada tanggal tersebut, selain anda nantinya bisa merasakan kematian yang ada anda juga dapat mencicipi banyak sekali kuliner khas Mexico yang sangat lezat. 

Hari kematian (1 & 2 november)

Hal unik atau perayaan yang unik yang juga dirayakan di Mexico yaitu adalah sebuah perayaan hari kematian yang biasanya akan mereka rayakan pada 1&2 November. Selama festival ini, biasanya di  Mexico sendiri yang dimana ber tujuannya adalah untuk persembahan yang dibuat untuk para leluhur mereka. Tempat pemujaannya pun nantinya juga akan dibangun di rumah-rumah para penduduk yang dimana hal ini sendiri adalah salah satu hal yang digunakan untuk dapat menghormati kerabat yang dimana biasanya sudah meninggal dan juga dimana mereka akan sering ada pada acara semalaman pada pemakaman.

Kios-kios yang ada di Mexico dan juga beberapa pasar yang dimana juga nantinya akan menjual pan de Muertos atau juga yang biasa dikenal dengan roti khas meksiko yang biasanya akan  identik di hari kematian dan juga beberapa gula-gula berbentuk tengkorak berwarna-warni. Di lago de patzcuaro yang dimana adalah salah satu upacara penerangan obor yang sangat Indah,tarian yang meriah,dan upacara janitzio yang biasanya akan dilakukan di  sebuah pulau di tengah danau. Acara ini mungkin memiliki nama yang seram namun ternyata acara ini sendiri adalah sebuah acara yang meriah yang juga akan diramaikan oleh anak kecil yang nantinya akan berkeliling. 

Pesta perempuan Guadalupe (12 desember)

Salah satu festival yang juga di rayakan di Mexico yaitu adalah pesta Guadalupe. Ini dimana adalah sebuah festival keagamaan yang dimana festival dan juga acara ini diadakan untuk dapat menghormati Maria, wanita Guadalupe. Umat Katolik yang dimana juga pada saat upacara ini yang dimana nantinya mereka akan melakukan ziarah ke Basilika Guadalupe yang ada di Mexico City untuk dapat melihat gambar Maria. Ini juga mungkin hari libur keagamaan yang dimana di Mexico sendiri adalah salah satu hari keagamaan yang paling penting di Meksiko.

Semana santa (minggu suci)

Ini adalah sebuah hari libur utama yang biasanya akan dirayakan di Meksiko, dimana hari ini sendiri akan adanya sebuah festival yang sangat religius yang biasanya bertujuan untuk dapat merayakan sebuah kebangkitan Kristus. Dalam acara ini juga tidak lupa ada prosesi ziarah dan yang biasanya akan dilakukan oleh masyarakat Mexico. Jika anda pergi ke Iztapalapa yang ada di luar Mexico di mana festival ini berlangsung dan juga akan diadakan dalam skala besar dan biasanya festival ini yang dimana akan melibatkan banyak darah palsu! 

Guelagutza festival (july)

Jika Anda nantinya akan berada di Oaxaca dimana nantinya akan ada pada bulan Juli, Anda juga nantinya akan mungkin dapat menyaksikan acara dan juga budaya asli yang merayakan tradisi dan juga budaya di yang ada di wilayah ini. Pakaian tradisional, tarian khas, dan juga banyaknya makanan lokal adalah sebuah bagian yang akan anda temukan dari acara penuh warna ini.

Festival de san cristobal ( 16-25 juli)

Di Bulan Juli juga di Mexico ternyata ada sebuah festival dengan nama de San Cristobal, yang biasanya festival ini sendiri akan diadakan di San Cristobal de las Casas. Berwarna-warni dan juga bersemangat, pesta ini biasanya juga akan menampilkan banyak kembang api, parade, band marimba dan juga berbagai pesta-pesta dan juga banyak tradisi di wilayah Chiapas. Tidak Hanya itu Meksiko yang dimana juga ternyata sangat terkenal dengan memiliki memiliki berbagai macam budaya dan juga seni yang sangat unik seperti:

Papel Picado & Pinata

Papel Picado yang dimana di Mexico sendieri adalah sebuah sebutan untuk hiasan yang dimana biasanya akan berupa gantungan warna-warni yang nantinya akan banyak dipasang di jalan-jalan atau pun juga akan di pasang di beberapa tempat umum yang ada di Meksiko. Anda juga bisa menemukan sebuah hiasan ini yang dimana ada di sekitar rumah,  juga di area alun-alun yang dimana ramai.

Nah di pasar yang dimana juga biasanya akan diadakan di dekat alun-alun, yang dimana tampak juga beberapa pinata yang dimana biasanya akan digantung. Biasanya, pinata ini juga akan dihias dengan berbagai macam bentuk dan juga nantinya akan diisi dengan berbagai permen, coklat, atau juga dengan mainan. Setelahnya, pinata yang nantinya akan dihancurkan dengan cara dipukul untuk dapat merayakannya. 

Itulah beberapa perayaan dan juga tradisi unik yang diadakan di Mexico. Dimana berbagai perayaan unik tersebut adalah suatu hal yang mereka rayakan sejak lama, menjadi sebuah keunikan tersendiri untuk masyarakat Mexico.